Thursday, October 8, 2015

TUGAS PERKEMBANGAN MASA DEWASA AWAL

Sesungguhnya telah banyak teori yang melahirkan konsep tugas perkembangan masa dewasa awal, namun konteks sosiokulturnya berbeda dengan masyakat Indonesia. Belum banyak yang mengungkap sifat khas tugas perkembangan bagi masa dewasa awal di dunia kita. Perlu kedepan ada penelitian-penelitian yang dapat menyesuaikan antara teori yang telah ada di negara maju dengan konsepsi praktis khususnya di Indonesia.  Sehingga akhirnya "kelop" denggan kondisi sosio kultur masyarakat Indonesia, syukur ada temuan-temuan baru yang menjadi teori perkembangan sesuai dengan masyarakat kita.
Arti tugas-tugas perkembangan bagi orang dewasa awal, pada pokokya mengandung isi-isi harapan atau tuntutan dari sosio kultur yang hidup pada lingkungan sekitar terhadap orang dewasa awal sesuai dengan tingkat perkembangan yang telah dicapainya.
Sejak seseorang telah menyandang status dewasa, dirinya diharapkan siap menerima kewajiban dan tanggung jawab kedewasaannya, yang ditunjukkan dengan pola-pola tingkah laku wajar seperti yang berlaku pada kebudayaan sekitarnya.
R.J Havighurst (1953), telah mengemukakan rumusan tugas-tugas perkembangan dalam masa dewasa awal sebagai berikut :
  • Memilih teman bergaul (sebagai calon suami atau istri)
  • Belajar hidup bersama dengan suami atau istri
  • Memulai hidup dalam keluarga atau hidup berkeluarga
  • Belajar mengasuh anak-anak
  • Mengelola rumah tangga
  • Mulai bekerja dalam suatu jabatan
  • Mulai bertanggung jawab sebagai warga negara secara layak
  • Memperoleh kelompok sosial yang seirama dengan nilai-nilai pahamnya.
Sedangkan 
Satu diantara hal yang sangat penting sehubungan dengan materi tugas-tugas perkembangan ini adalah bahwa tugas-tugas perkembangan tersebut di atas merupakan dasar bagi penguasaan tugas-tugas perkembangan dalam usia-usia selanjutnya. Mereka yang dapat menguasai tugas-tugas perkembangan dalam usia dewasa awal secara utuh, akan sangat berpengaruh terhadap kemudahannya menguasai tugas-tugas perkembangan dalam masa setengah baya.
Share:

0 comments:

Post a Comment

About